Profil Diskominfo

LATAR BELAKANG

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong eksistensinya berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Tabalong Nomor 05 Tahun 2016 tentang Organisasi Dan Tata Kerja Dinas Daerah dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Kabupaten Tabalong Nomor 51 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik. Dimana sebelumnya masih ada pada SKPD Dinas Perhubungan.

Sebagai unsur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik menjalankan tugas melaksanakan sebagian urusan rumah tangga daerah yang meliputi hubungan pemberdayaan potensi informasi, penyampaian informasi baik langsung maupun melalui media.

Untuk melaksanakan tugas tersebut Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Perumusan kebijakan di bidang Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  2. Pelaksanaan kebijakan di bidang Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  3. Pelaksanaan evaluasi dan pelaporan di bidang Komunikasi,Informatika dan Statistik;
  4. Pelaksanaan administrasi Dinas di bidang Komunikasi, Informatika dan Statistik; dan
  5. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan bupati.

Terkait dengan tugas dan fungsinya. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik di bidang kesekretariatan. Untuk melaksanakan tugas sekretariat berfungsi :

  • Koordinasi kegiatan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  • Koordinasi dan penyusunan rencana, program, dan anggaran Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  • Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip dan dokumentasi, organisasi dan tata laksana Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik;
  • Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan layanan pengadaan barang/jasa pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas;

Bidang Pengelolaan Informasi, Saluran dan Komunikasi Publik mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pengelolaan Informasi, Saluran dan Komunikasi Publik. Untuk melaksanakan tugas Hubungan Masyarakat mempunyai Fungsi

  1. Penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Pengelolaan Informasi, Saluran dan Komunikasi Publik
  2. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Pengelolaan Informasi, Saluran dan Komunikasi Publik
  3. Pemantauan, analisis, dan evaluasi, serta pelaporan atas pelaksanaan kebijakan di bidang Pengelolaan Informasi, Saluran dan Komunikasi Publik

Bidang Penyelenggaraan e-Government mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Penyelenggaraan e-Government. Untuk melaksanakan tugas Penyelenggaraan e-Government mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Penyelenggaraan e-Government
  2. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Penyelenggaraan e-Government
  3. Pemantauan, analisis, dan evaluasi, serta pelaporan atas pelaksanaan kebijakan di bidang Penyelenggaraan e-Government.

Bidang Statistik dan Persandian mempunyai tugas melaksanakan penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian. Untuk Melaksanakan tugas bidang Statistik dan Persandian mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian.
  2. Pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian.
  3. Pemantauan, analisis, dan evaluasi, serta pelaporan atas pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian. pelaksanaan koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian
  4. Pemantauan, analisis, dan evaluasi, serta pelaporan atas pelaksanaan kebijakan di bidang Statistik dan Persandian.

VISI

MEWUJUDKAN DINAS KOMINFO SEBAGAI PUSAT KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DAERAH

MISI

  • Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik yang Profesional Berbasis Teknologi Informasi
  • Meningkatkan kapasitas dan kualitas infrastruktur jaringan untuk layanan teknologi informasi dan komunikasi
  • Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang teknologi informasi dan komunikasi